Hubungan Keindahan dengan Estetika dan Kebudayaan

Keindahan

Keindahan berasal dari kata indah yang berarti bagus, permai, cantik, elok dan sebagainya. Benda yang memiliki sifat indah adalah segala hasil seni, pemandangan alam, manusia dan sebagainya. Keindahan juga bersifat universal yang artinya tidak terikat oleh sesuatu.

A. Keindahan dan Estetika
Istilah estetika dipopulerkan oleh Alexander Baumgarten (1714-1762). Saat itu, istilah estetika digunakan untuk membedakan antara pengetahuan intelektual dengan pengetahuan indrawi. 

1. Konsep Keindahan
 Keindahan memiliki aktivita kebaikan didalamnya. Plato menyebutkan tentang perilaku yang indah dan penegak keadilan yang indah, sedangkan Aristoteles merumuskan keindahan sebagai sesuatu yang baik dan juga menyenangkan. 

2. Estetis dan Estetika
Membahas mengenai kenindahan pati akan menyangkut dengan estetis.Keindahan secara luas menyangkut benda-benda yang dihayatinya. Sedangkan keindahan secara sempit menyangkut benda-benda yang dihayati melalui indera. Ciri-ciri umum yang ada pada semua benda dianggap indah dan kemudian menyamakan ciri-ciri atau kwalita hakiki itu dengan pengertian keindahan. Ciri umum tersebut adalah sejumlah kwalita yang secara umum disebut unityharmonysymmetrybalance dan contrast. Ciri-ciri tersebut dapat dinyatakan bahwa keindahan merupakan satu cermin dari unity, harmony, symmetry, balance dan contrast dari garis, warna, bentuk, nada dan kata-kata.
  
3. Sifat keindahan
Keindahan dapat dinilai dari sifat seseorang. Namun, keindahan pertama kali ditentukan dari peerbuatan yang diciptakan oleh manusia tersebut, entah menghasilkan situasi yang harmonis, dan kesatuan. Sementara atau dalam hukum bernegara sifat keindahan lahir dari aturan-aturan, kesimetrisan, dan perbedaan yang ada.

B. Keindahan dan Kebudayaan
Kebudayaan tercipta karena kebiasaan sehari-hari yang dilakukan oleh masyarakat setempat. Nilai-nilai kebudayaan yang terlahir itu menciptakan keindahan tersendiri yang dimiliki oleh setiap masyarakat. Hal inilah yang menjadi daya tarik oleh masyarakat luar.

1. Hubungan dengan Kebudayaan
Kebudayaan yang diciptakan oleh masyarakat setempat menjadi suatu keindahan yang begitu berharga. Hal ini bisa dijad

2. Keindahan dalam Kebudayaan
Keindahan dalam kebudayaan lahir dari sifat dan perilaku yang dicerminkan setiap orang.karena di setiap perbuatan yang dilakukan manusia mengandung estetika,dan keindahan itu sendiri yang mewakili sifat dan perilaku dari manusia tersebut.

Sumber : http://putrianarian.blogspot.com/2012/04/keindahan_16.html?m=1

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s