Makanan Sehat Dan Tak Mahal

Banyak dari kita yang ingin gaya hidup sehat tapi kendalanya adalah biayanya mahal. Tenang masih ada alternatif untuk bisa menjalani gaya hidup sehat dengan biaya yang tidak mahal. Cekidott…

Headline

1. Beras Merah
Memiliki beberapa kandungan sangat penting seperti vitamin, mineral dan antioksidan. Tapi yang tak kalah bermanfaatnya yaitu beras merah membuat kenyang lebih lama. Ini karena beras merah memiliki jumlah serat tinggi sehingga membuat pencernaan lebih lambat. “Serat adalah salah satu yang terbaik (komponen gizi) yang membantu dengan rasa kenyang atau perasaan kenyang lebih lama,” kata Rachel Begun , konsultan pangan dan gizi di Boulder, Colorado. Ini sama artinya akan membantu kita menghemat uang karena tidak perlu terlalu sering makan.

2. Kedelai Mentah

Daripada membeli yang sudah olahan, maka beli yang masih mentah atau utuh dan beli dalam jumlah agak banyak karena harganya pasti jauh lebih murah. Kedelai mentah dapat mengembang sampai tiga kali ketika dimasak. “Cukup 3-4 cangkir, kita bisa mendapatkan 9 cangkir ketika dimasak,” kata Carol Wasserman , seorang praktisi kesehatan holistik bersertifikat di Manhattan.

Untuk membuatnya lebih lezat, kita bisa mencampur dengan rempah dan herbal.

“Kita harus menggeser pemikiran kita bahwa daging adalah yang utama di piring, dan lebih kreatif dengan hidangan lainnya , seperti beras dan kacang-kacangan,” kata Julieanna Hever, seorang ahli diet nabati di Los Angeles.

Kacang juga merupakan pilihan sangat sehat. Tinggi serat dan protein, rendah lemak dan natrium dan memiliki mineral seperti zat besi, kalium, magnesium, tembaga dan seng, bersama dengan vitamin seperti asam folat, thiamin, niacin dan B6.

3. Kentang

Sayuran ini bisa diolah dalam berbagai cara. Mengandung zat-zat bergizi seperti 45 persen vitamin C dari asupan gizi harian yang direkomendasikan, 18 persen serat dan 18 persen kalium, mineral yang mengatur tekanan darah.

Kentang juga ditemukan memiliki sumber terendah diet kalium.

Rata-rata kentang hampir bebas lemak, dengan air yang tinggi dan kadar serat untuk membuatnya ideal untuk penurunan berat badan.

Berhati-hatilah memasak kentang, kentang goreng menimbulkan kadar lemak 0-8 gram.

4. Sayuran Hijau

“Setiap sayuran hijau, seperti brokoli, bayam dan kangkung, memiliki banyak nutrisi per kalori dan membantu melindungi terhadap peradangan dan penyakit,” kata Hever.

Jika kita kurang suka rasanya, tambahkan dengan sayuran jenis lainnya yang bisa memberi rasa manis seperti wortel.

Daripada membeli saus yang mahal untuk campuran, Wasserman menyarankan mencampur satu sendok makan minyak zaitun extra virgin dengan jus dari setengah lemon atau jeruk nipis.

5. Sayuran Beku

Membeli sayuran segar adalah cara murah, tapi sayuran beku adalah pilihan yang baik juga,

Mereka juga tidak kalah bergizi dengan yang segar. Kelemahan dari sayuran segar yaitu umumnya masih mentah atau terlalu muda.

6. Protein Bar

Andrew Ross dan istrinya, yang tinggal di Baltimore, makan protein bar setiap tiga jam, mulai dari bangun tidur sampai kembali tidur pada malam hari.

Kebiasaan ini dilakukan sejak bulan April dan sekarang ia telah kehilangan 78 pounds.

Protein bar memiliki 20 gram protein dan kurang dari 200 kalori.

Yang terbaik untuk membeli makanan sehat sementara anggaran terbatas adalah membeli makanan yang segar. Jangan percaya teori makanan cepat saji lebih murah.

“Makanan cepat saji mungkin lebih cepat daripada menyiapkan makanan di rumah, tetapi tidak akan mengalahkan membeli buah dan sayuran segar dalam rasa atau biaya,” kata Wassermen.

7. Selai Kacang

Ini adalah sumber lain protein, kaya lemak, vitamin, mineral dan antioksidan. Kacang mengandung resveratrol, antioksidan yang ditemukan dalam anggur merah, kata Sharon Palmer, penulis makanan dan gizi Duarte, California. Selain itu, tentunya selai kacang ini lebih mudah dibeli dan bisa kita jadikan pelengkap roti di pagi hari.

Sekian dulu infonya, mudah2an bermanfaat ya ^_^ …
=================================================================================================

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s