Profil PT Gamatechno Indonesia

Gamatechno

PT Gamatechno Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak dibidang penyedia solusi teknologi informasi dan komunikasi, termasuk pengembangan perangkat lunak, perangkat keras, konsultasi, dan pelatihan di bidang TI. Perusahaan ini resmi berdiri pada tanggal 4 Januari 2005 dan berkantor pusat di Jalan Cik Di Tiro no. 34, Yogyakarta, Indonesia. Di awal masa berdirinya Gamatechno memiliki 7 orang karyawan. Kini setelah satu dekade jumlah karyawan Gamatechno Group telah mencapai 116 karyawan. Kemudian pada tahun 2013, Gamatechno membuka kantor cabang di Jakarta. Dan telah memiliki lebih dari 240 klien di seluruh Indonesia yang tersebar dari Banda Aceh hingga Papua. Diantaranya, perusahaan-perusahaan besar seperti Telkom, Indosat, kantor-kantor pemerintahan, Bank Mandiri, Hugo’s Cafe, Britishh Petroleum dan beberapa perguruan tinggi di Indonesia.

Gamatechno memiliki fokus pada pengembangan produk dan solusi teknologi informasi untuk segmen perguruan tinggi, lembaga pemerintah, perusahaan penyedia jasa transportasi dan logistik, serta industri lifestyle. Keempat segmen utama tersebut didefinisikan sebagai gtSmartCity Solution, yaitu solusi berbasis sistem dan teknologi informasi guna mewujudkan sebuah kota cerdas dengan ciri less paper, less time, less cash dan less complexity untuk meningkatkan tatanan hidup masyarakat. Selain itu, Gamatechno juga menyediakan jasa konsultasi IT, audit IT, training IT, serta layanan maintenance sistem dan agregasi konten digital.

Untuk perguruan tinggi, Gamatechno memiliki gtCampus Suite yaitu sistem informasi terintegrasi yang terdiri dari berbagai software modular untuk pengelolaan penerimaan calon mahasiswa, pengelolaan perkuliahan mahasiswa hingga lulus, pengelolaan aset kampus (aset sumber daya manusia, keuangan dan aset barang, perpustakaan, penelitian dan beasiswa), hingga dashboard sistem untuk pimpinan kampus.

Untuk lembaga pemerintah, Gamatechno memiliki beberapa produk unggulan, diantaranya gtPerizinan (sistem pengelolaan pelayanan perizinan terpadu), gtAspirasi (sistem pengelolaan aspirasi masyarakat), serta gtGroupware (sistem kolaborasi dan arsip perkantoran). Gamatechno juga melayani pengembangan portal website lembaga dengan konsep citizen centric, serta pengembangan berbagai aplikasi berbasis web lainnya sesuai dengan kebutuhan lembaga.

Untuk transportasi dan logistik, Gamatechno mengembangkan beberapa produk unggulan, diantaranya gtFleets (sistem informasi pengelolaan armada), gtSmartTicket System (sistem tiket elektronik berbasis smartcard), serta mTransport (aplikasi mobile untuk informasi dan layanan transportasi publik).

Untuk lifestyle, Gamatechno mengembangkan beberapa produk aplikasi back-end dan front-end, diantaranya taman hiburan dan wisata, pusat belanja dan entertainment, microfinance, dan industri kesehatan. Beberapa portofolio produk lifestyle ini antara lain eoviz.com (small & medium enterprises resource planning system on cloud), mEvent (aplikasi mobile informasi event), serta mCatalog (aplikasi mobile informasi katalog produk).

PT Gamatechno memiliki keunggulan kompetitif yang tidak dimiliki perusahaan lain, yaitu sumber daya dan aset riset yang dimiliki Universitas Gadjah Mada sebagai dasar pengembangan dan inovasi produk serta layanan Gamatechno, agar tercipta solusi yang tepat guna bagi masyarakat. Dalam sebulan, Gamatechno minimal memperoleh dua pesanan pembuatan sistem informasi, belum lagi layanan konsultasi IT, instalasi hardware dan infrastruktur. Rata-rata perolehan omset Gamatechno antara 70 juta hingga 80 juta per bulan, yang berarti omset Gamatechno antara 840 juta hingga 960 juta per tahun. Gamatechno juga telah memiliki anak perusahaan, yaitu PT Aino Indonesia yang bergerak dibidang teknologi smartcard, RFId, dan Mobile NFC, dengan memiliki sekitar 60 karyawan.

Referensi :

http://www.gamatechno.com/

http://agung-aka.blogspot.co.id/2015/01/studi-kasus-mengenai-peluang-usaha-di.html

Komentar :

Menurut saya Gamatechno merupakan salah satu perusahaan yang memberikan fasilitas untuk menyelesaikan berbagai permasalahan yang ada pada masyarakat khususnya di kota-kota besar dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, dengan tujuan mencerdaskan tatanan hidup masyarakat yang berada pada kota tersebut. Fasilitas-fasilitas tersebut dibuat dalam bentuk gtSmartCity Solution, yang berfokus pada empat segmen yaitu perguruan tinggi, lembaga pemerintah, perusahaan penyedia jasa transportasi dan logistik, serta industri lifestyle.

Fasilitas-fasilitas itu tidak akan berguna jika informasi yang diberikan kepada masyarakat kurang. Untuk itu Gamatechno harus lebih mengenalkan dan memberikan informasi yang jelas tentang fasilitas-fasilitas tersebut kepada masyarakat. Tidak hanya di kota, namun diharapkan gtSmartCity Solution ini bisa dilaksanakan hingga pelosok-pelosok pedesaan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s