KERANGKA ACUAN KERJA (KAK) INTERNET SERVICE PROVIDER “RUNNING NET”

 

1. LATAR BELAKANG Perkembangan dunia internet pada saat ini telah mencapai suatu tahap yang begitu cepat, sehingga tidak mengherankan apabila di setiap sudut kota banyak ditemukan tempat-tempat yang menyajikan berbagai jasa pelayanan internet.

 

2. MAKSUD DAN TUJUAN

 

 

 

 

a.   Membangun provider “RUNNNING NET” yang dapat memberikan kesempatan kepada masyarakat luas untuk mendapatkan akses internet yang murah dengan cara swadaya.

b.   Membangun infrastruktur jaringan secara swadaya, Membangun aplikasi di lingkungan “RUNNING NET” yang bersangkutan, dan merawat dan mengembangkan jaringan yang sudah ada

 

3. TARGET/SASARAN

 

Masyarakat yang tinggal di daerah Margonda dan sekitarnya pada radius +5km2, pemilik hotel dan kantor-kantor, pemilik tempat kost mahasiswa/mahasiswi, pemilik warnet, dan pelajar di sekitarnya.

 

4. NAMA ORGANISASI PENGADAAN BARANG/JASA

 

Usaha  yang  dikembangkan  diberi  nama  “EXTRAFASTNET”  dengan  badan  usaha berbentuk CV yang didaftarkan ke notaris sehingga memiliki badan hukum yang tetap.

 

5.   PERKIRAAN BIAYA  

1

6. RUANG LINGKUP  PENGADAAN/ LOKASI DAN FASILITAS PENUNJANG

 

a.   Ruang lingkup pekerjaan/pengadaan dekat dengan kawasan perumahan modern,  dekat  dengan  wilayah  pendidikan  baik  itu  Perguruan  Tinggi,  Sekolah  Menengah Umum, dan Sekolah Menengah Pertama,  daerah atau kawasan kos-kosan mahasiswa.

b.   Lokasi pekerjaan/pengadaan berada di daerah tinggi.

 

7. TENAGA TERAMPIL YANG DIBUTUHKAN

 

Tenaga terampil yang dibutuhkan meliputi :

§  Pegawai minimal tamat D3, S1 lebih diutamakan.

§  Memiliki pengalaman dalam menangani permasalahan komputer dan jaringan.

§  Membutuhkan ± 50 pegawai.

 

8.SPESIFIKASI TEKNIS

 

Spesifikasi teknis yang diperlukan, meliputi:

Tower Triangle,  Akses Point,  Router,  Switch 24 Port,  Antena Grid 24 db,  Antena Omni,  Kabel UTP,  Toolkit (obeng,tang, pemotong),  Komputer + Meja,  Kabel Coak,  Sewa Ruangan,  Listrik,  Alat-Alat Listrik,  Bayar Tukang,  Kursi Lipat,  Rak/Lemari Server,  Bandwidth.

 

9. LAPORAN KEMAJUAN PEKERJAAN

 

 

 

Laporan yang dibuat meliputi :

§  Laporan harian;

§  Laporan mingguan;

§  Laporan bulanan;

Isi laporan menyangkut tentang kemajuan pekerjaan yang telah dilaksanakan, penggunaan bahan/material serta peralatan yang digunakan dan kendala dan pemecahan masalah yang dilakukan.

Gambaran Umum Rencana Bisnis :

EXTRAFASTNET merupakan perusahaan yang memberikan layanan ke seluruh Indonesia. Perusahaan ini bergerak di bidang jasa Internet Service Provider yang menggunakan teknologi wireless agar client bisa menghubungkan komputernya dengan internet tanpa menggunakan kabel. Perusahaan ini menyedikan layanan internet local maupun internasional.  Layanan internet yang diberikan, diantaranya browsing dengan cepat, streaming tanpa buffer, download dengan kecepatan 10Mbps, upload dengan kecepatan 5Mbps, dan online games.

Komentar :

Di zaman yang serba modern seperti sekarang ini, kebutuhan akan informasi diharuskan serba cepat dan efisien. Hal ini menyebabkan manusia sebagai pelaku utama dari kemajuan teknologi dan informasi, dituntut untuk mendapatkan informasi yang terbaru. Di samping tuntutan informasi yang semakin berkembang, kita juga menginginkan fasilitas yang memudahkan untuk mendapatkan informasi tersebut.

Dengan adanya internet, segala kebutuhan yang kita perlukan sudah tersedia. Kita dapat mengakses di mana saja dan kapan saja secara mudah tanpa harus mengeluarkan energi yang banyak. Keberadaan ISP ini sendiri dinilai sangat membantu kita dalam mendapatkan informasi. Dengan akses yang cepat dan mudah membuat kita sebagai pengguna informasi merasa puas dan senang dengan layanan yang diberikan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s