“Kita Mencapai Target”

Pada awal semester enam kemarin, saya mendapat mata kuliah Penelitian Ilmiah. Sejak awal, saya tidak merasa yakin bisa menyelesaikan penelitian ilmiah ini pada semester tersebut. Namun, penelitian ini merupakan salah satu syarat untuk mendapatkan gelar strata satu. Hal pertama yang saya cemaskan adalah menentukan judul untuk penelitian, kemudian pemahaman yang kurang dalam bahasa pemrograman, dan juga saya merasa tidak siap seandainya terlalu banyak yang direvisi.

Saya pun memulai dengan konsultasi dengan teman di kampus mengenai judul yang sekiranya bisa saya ajukan kepada dosen pembimbing. Hal ini membuat saya panik, karena judul yang saya ajukan nanti belum tentu diterima oleh dosen pembimbing saya. Dan saya harus mencari lagi judul yang sesuai dengan minat dosen pembimbing. Ada masukan dari teman untuk membuat aplikasi android dan membuat Augment Reality. Tapi, menurut saya tema tersebut belum pas dijadikan tema penelitian ilmiah saya, terlebih karena saya merasa tidak yakin bisa mengembangkan tema tersebut. Keputusan terakhir akhirnya saya tetapkan untuk membuat sebuah website “Aplikasi Pendukung Keputusan Laboratorium Teknik Informatika”.

Aplikasi ini adalah aplikasi yang dibuat untuk Universitas Gunadarma. Memilih asisten laboratorium yang berkualitas merupakan hal yang tidak mudah, terlebih jumlah calon asisten yang mendaftar tidaklah sedikit. Untuk mempermudah proses pemilihan asisten tersebut, maka saya merancang aplikasi berbasis web ini dengan menggunakan metode Profile Matching. Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP yang mudah dipelajari dan MySQL untuk pengolahan basis data. Dengan mengimplementasikan aplikasi ini, diharapkan saya dapat membantu proses pengambilan keputusan pemilihan asisten di Laboratorium Teknik Informatika Universitas Gunadarma.

Pada awal mengajukan judul, saya sangat gugup jika judul yang saya ajukan tidak diterima. Ternyata dosen pembimbing saya sangat menyetujui judul yang saya ajukan. Beliau mengatakan juga bahwa judul saya mungkin bisa digunakan oleh staff Laboratorium Teknik Informatika nantinya. Dosen pembimbing saya juga menyarankan untuk membuat surat izin yang ditujukan kepada pihak Laboratorium Teknik Informatik dalam pengambilan data maupun prosedur penerimaan asisten laboratorium.

Karena saya kurang memahami bahasa pemrograman, saya mencoba menghubungi teman saya untuk membantu saya dalam membuat aplikasi ini. Alhamdulillah, teman saya bersedia membantu dan saya mulai mencari buku-buku yang dapat mendukung pembuatan aplikasi saya. Proses pembuatan masing-masing bab tidak semulus yang saya harapkan. Keterbatasan waktu dosen pembimbing, konsultasi dengan Ketua Laboratorium Teknik Informatika, dan jumlah mahasiswa  yang harus datang saat konseling menjadikan faktor penghambat selesainya bab penelitian saya. Di samping revisi yang banyak juga membuat saya sedikit putus asa untuk meneruskan penelitian saya.

Teman saya selalu mengingkatkan kalau saya tidak boleh berhenti mencoba. Kalau kita sudah menargetkan sesuatu selesai, maka harus diselesaikan. Kalau bukan saya yang menyelesaikan, lalu siapa lagi. Akhirnya saya mencoba mengumpulkan semangat untuk mengerjakan aplikasi kembali. Buku demi buku saya baca, konsultasi demi konsultasi saya jalani. Perpustakaan demi perpustakaan saya kunjungi demi tercapainya target.

Sebelumnya, saya memang optimis kalau saya menargetkan akan menyelesaikan penelitian saya dalam waktu satu hingga dua bulan. Namun, pada kenyataannya, dalam waktu tersebut saya hanya menyelesaikan sampai Bab II dan belum membuat Bab III. Bab yang paling membuat mahasiswa malas untuk membuatnya, karena isi dari bab ini adalah yang paling penting dalam pembuatan aplikasi. Mulai dari cara pembuatan, proses, hingga output yang dihasilkan.

Bermodalkan niat, usaha, dan doa saya mencoba perlahan-lahan membuat Bab III. Saya pun meminta Bab III teman saya untuk dijadikan bahan acuan pembuatan bab ini. Ternyata untuk membuat satu halaman website saja membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Terlebih jika ada pesan error pada program. Saya harus mencari letak kesalahan program dan membetulkannya.

Alhamdulillah, dalam waktu kurang lebih dua minggu saya dapat menyelesaikan Bab III. Tapi saya belum merasa tenang, karena masih terdapat revisi yang cukup banyak pada Bab III saya. Selama satu minggu saya memperbaiki Bab III. Sudah hampir tiga bulan saya belum menyelesaikan penulisan saya. Melihat teman-teman yang sudah  sidang, membuat saya merasa iri ingin cepat-cepat menyelesaikan penelitian saya. Terlebih, akan menjadi beban jika saya harus menyelesaikannya pada semester tujuh.

Tahap demi tahap, bab per bab saya kerjakan hingga akhirnya saya tiba pada tahap pengajuan tanggal sidang. Saya merasa sedikit lega karena penulisan ilmiah saya akhirnya selesai. Walaupun pada proses pembuatannya sulit, namun selama prosesi sidang alhamdulillah sangat dimudahkan oleh dosen penguji. Setelah keluar dari ruang sidang, saya sangat senang sekali. Saya sangat yakin akan mendapat nilai yang baik untuk mata kuliah Penelitian Ilmiah.

Kesimpulannya dalam segala kesulitan yang kita hadapi, teruslah berusaha dan berdoa kepada Yang Maha Kuasa. Karena, tanpa itu kita tidak akan sanggup menghadapi segala sesuatunya. Di samping itu, kita juga harus bisa fokus terhadap apa yang kita targetkan, buang jauh-jauh segala sesuatu yang dapat mengganggu konsentrasi kita dalam mencapai tujuan tertentu.

Leave a Reply

